Cara Terbaru Flash Xiaomi Mi4i via Fastboot

Cara Flashing Xiaomi Mi4i yang BootloopFlash merupakan salah satu istilah yang cukup familiar di telinga para pengguna Android, jika tidak berarti telinga Android yang satu ini kurang peka haha. Flashing atau flash ini adalah suatu proses untuk menginstall ulang sistem operasi perangkat Android, berguna bagi yang ingin memperbaharui sistem operasinya atau bisa juga untuk mengatasi perangkat Android yang sedang hank atau juga bootloop. Dan yang paling banyak dialami pengguna Android adalah bootloop. Bootloop merupakan suatu kondisi perangkat gagal melakukan proses booting sehingga perangkat akan stuck pada logo produk Android. Semua perangkat Android tak luput dari masalah bootloop, termasuk Xiaomi Mi4i. Sebagai sistem operasi terbuka maka wajar saja potensi bootloop semakin besar.

Mi4i merupakan salah satu perangkat Android yang cukup banyak peminat di seluruh dunia. Membawa kamera bersensor Sony Exmor RS IMX214, smartphone besutan Xiaomi ini mendapat perhatian khusus bagi pecinta fotografi di kelas menengah. Dengan kamera berkekuatan 13 megapiksel, Mi4i mampu menghasilkan jepretan foto terbaik di kelasnya. Itulah salah satu kelebihan yang dimiliki smartphone ini dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya. Kita kembali kepada masalah flashing Xiaomi Mi4i.

Xiaomi sendiri kini menyediakan 3 cara untuk melakukan flash pada perangkat buatannya, yaitu System Update, Recovery Update, dan Fastboot Update. Dari tiga cara tersebut, fastboot update adalah cara terbaik untuk mengatasi bootloop pada Xiaomi Mi4i. Ikuti penjelasannya di bawah untuk melakukan flashing Xiaomi Mi4i.

Cara Flashing Xiaomi Mi4i via Fastboot


  • Pertama sekali download bahan-bahannya dibawah ini:
  • Install aplikasi MiFlashTool dan drivers ADB Fastboot di Laptop/PC kamu.
  • Kemudian ekstrak file firmware fastboot Xiaomi Mi4i yang telah kamu download, lalu copy lokasi hasil ekstrak tersebut.
  • Selanjutnya masukkan ponsel dalam mode Fastboot dengan menekan tombol volume (-) dan tombol power secara bersamaan, setelah masuk hubungkan ke Laptop/PC dengan kabel USB.
  • Jalankan aplikasi MiFlashTool, dan paste lokasi firmware yang telah disalin tadi pada address bar disamping tulisan select.
  • Klik refresh, maka MiFlashTool akan otomatis mengenali perangkatmu.
  • Jika perangkat Xiaomi Mi4i kamu telah ditemukan, klik flash untuk memulai proses flashing.
  • Tunggu sampai bar progress pada MiFlashTool menunjukan warna hijau dan ada tulisan "success" pada bar result, yang berarti proses flashing telah berhasil.
  • Perangkatmu akan otomatis Reboot dan kembali hidup dan berjalan normal kembali.